RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
sekolah : MI BUSTANUL ARIFIN
Kelas/Smt : V / I
Tema : Sehat itu Penting
Alokasi
Waktu : 6 X 35 Menit
A.
Indikator
- PPKN.
1.
menjelaskan perlunya udara bersih bagi
kesehatan
- Ilmu Pengetahuan Alam
1.
Menggambar
sistem pernapasan manusia dan fungsinya
2.
Menuliskan
kebiasaan yang membahayakan kesehatan sistem pernapasan (misalnya merokok)
berdasarkan hasil bertanya pada dokter atau perawat di puskesmas setempat.
- Penjasorkes.
- Penjasorkes.
1.
Melakukan
gerak jalan sehat sesuai dengan aturan
B.
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan pentingnya udara bersih Bagi Kesehatan pernapasan
secara individu dengan baik.
- Siswa dapat menunjukkan organ-organ yang merupakan sistem
pernapasan manusia melalui gambar organ tubuh manusia dengan tepat.
- Siswa dapat menyebutkan fungsi dari Sistem-sistem pernapasan pada Manusia
melalui diskusi kelompok dengan Benar.
- Diberikan gambar sistem pencernaan pada manusia, Siswa dapat
menggambarnya kembali dan menunjukkan nama-nama bagiannya dengan Benar.
- Siswa dapat Menulis laporan hasil Bertanya pada Dokter atau Perawat
tentang Kebiasaan yang membahayakan Kesehatan secara individu dengan baik.
Diberi contoh gerak jalan yang sesuai oleh guru, Siswa dapat
melakukan gerak jalan sehat sesuai dengan aturan dengan baik
C.
Nilai
Karakter
a.
Religius,
Tercermin pada saat memulai dan mengakhiri pelaksanaan pembelajaran yang selalu
berdo’a.
b.
Disiplin,
Tercermin pada saat masuk dan pulang sekolah
c.
Tanggung
jawab, tercermin pada saat ada tugas yang kemudian dikerjakan dengan baik.
d.
Percaya
diri, tercermin ketika siswa mampu dab berani menyampaikan hasil kerjanya di
depan kelas.
D.
Strategi,
metode, dan sumber belajar
Strategi :
Cooperative Learning.
Metode :
Ceramah, Tanya jawab, Diskusi, dan Praktek.
Sumber Belajar :
Buku bahan ajar, Media, dan Pengalaman.
E.
Materi
pembelajaran
a.
Pentingnya
Udara Bersih.
b.
Sistem
Pernafasan.
c.
Gerak
jalan Sehat.
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Metode
Pembelajaran
|
Sumber
Belajar & Media
|
10
Menit
|
Kegiatan
Awal
· Guru mengucapkan salam dan bertanya kabar siswa
· Guru Mengabsen Siswa
· Guru menunjuk salah satu siswa untuk memimpin do’a
· Guru menanyakan materi sebelumnya
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi
yang harus dicapai hari ini.
|
Ceramah
Dan Tanya jawab
|
Pengalaman
guru dan siswa
|
5
Menit
80
Menit
20
menit
30
menit
45
menit
|
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
· Guru Menggali pengetahuan siswa tentang pentingnya udara bersih
bagi kesehatan dengan melakukan Tanya Jawab.
Elaborasi
· Guru menjelaskan secara singkat mengenai pernapasan pada manusia.
· Kemudian Siswa Diajak Untuk Keluar Kelas
· Siswa dijelaskan mengenai Perlunya jalan sehat dan Bagaimana cara
Jalan yang benar dan baik buat kesehatan
· Siswa diminta Untuk berbaris dengan Rapi
· Siswa dijelaskan mengenai Tugasnya bertanya kepada perawat atau
dokter di puskesmas mengenai kebiasaan buruk yang membahayakan kesehatan
pernapasan dan tiap individu menulis laporannya secara sederhana.
· Siswa diminta Untuk kembali ke kelas dan mengumpulkan laporannya.
· Secara acak guru menunjuk Siswa untuk mempresentasikan hasil
wawancaranya didepan kelas dan yang lain menyimak .
· Guru memberi pengarahan mengenai hasil wawancara (tentang
pentingnya udara bersih bagi kesehatan pernapasan)
· Guru Menunjukkan gambar sistem pernapasan pada Manusia kemudian
menjelaskannya kepada Siswa.
· Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok, setiap kelompok diberi
lembar kerja.
· Siswa diminta untuk berdiskusi dengan kelompok tugasnya mengenai sistem
pernafasan dengan fungsinya.
· Kelompok yang paling cepat menempel hasil diskusinya tadi,
merekalah pemenangnya.
· Guru memberikan reward bagi siswa yang memenangkan permainan
tadi.
· Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi hari ini
bagi yang belum faham.
· Guru memberi pertanyaan kepada siswa seputar materi hari ini
· Guru memberi penguatan dari materi yang sudah disampaikan
|
Ceramah,
Tanya jawab, demonstrasi, diskusi
sederhana, dan Praktek.
|
Pengalaman
guru dan Siswa,
Buku
panduan belajar
Gambar
Sistem pernafasan, Kertas Karton, Potongan gambar Sistem pernafasan,
Lem/
solasi
|
20
menit
|
Kegiatan
akhir
· Guru bersama siswa membuat suatu hasil kesimpulan pelajaran hari
ini.
· Guru merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan
hari ini
· Siswa diberikan tugas
rumah Untuk mengerjakan evaluasi buku paket halaman 102, dan juga
tugas untuk menggambar Sistem Pernafasan pada manusia beserta fungsinya.
· Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya
· Guru menunjuk salah satu siswa untuk memimpin do’a penutup.
· Guru mengingatkan siswa untuk terus belajar agar tercapai
cita-cita dan kemudian mengucapkan salam penutup.
|
Ceramah
Tanya
jawab
Penugasan
|
G.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
PPKN
Menjelaskan perlunya udara bersih bagi kesehatan
Ilmu Pengetahuan Alam
Menggambar Sistem Pernafasan Beserta Nama-nama bagiannya
Menjelaskan Fungsi-fungsi sistem pernafasan pada manusia
Penjas Orkes
Melakukan gerak jalan sehat sesuai dengan aturan
|
Tes
Tes
Tes
Tes
Non Tes
|
Tulis
Tulis
Tes Tulis
Lisan
Performance
|
Jelaskan Perlunya Udara bersih bagi kesehatan!
Gambarlah Sistem pernafasan pada manusia beserta nama-nama
bagiannya
Apa fungsi dari Hidung?
a.
Menghirup
udara
b.
Menyimpan O2
c.
Mengeluarkan
CO2
Jelaskan Fungsi Paru-paru !
Lakukan Gerak jalan sehat sesuai Intruksi Guru!
|
Lembar
Performance PenjasOrkes
No
|
Nama Siswa
|
A
|
B
|
C
|
Keterangan:
ü A = Gerak jalan Sesuai (100-70)
ü B = Gerak jalan Kurang sesuai (70-60)
ü C = Gerak Jalan Tidak sesuai
(60-50)
Pedoman
Penskoran IPA
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
Jumlah
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
1
|
Kerapian Gambar
|
||||
2
|
Ketepatan Gambar
|
||||
3
|
Kesesuaian Gambar dengan Nama Bagian-bagiannya
|
Keterangan:
ü 3 = Jika Gambar yang dihasilkan Sangat rapi, Bentuknya juga sangat
tepat serta Sangat sesuai antara Bagian yang dituju dengan namanya.
ü 2 = Jika Gambar yang dihasilkan Cukup rapi, Bentuknya juga Cukup
tepat serta Cukup sesuai antara Bagian yang dituju dengan namanya.
ü C = Jika Gambar yang dihasilkan Kurang rapi, Bentuknya juga Kurang
tepat serta Kurang sesuai antara Bagian yang dituju dengan namanya.
Untuk Menilai Tes Lembar Kerja siswa yang ada di buku paket
maupun lembar kerja siswa adalah: Jumlah Soal yang Benar X 100
Jumlah seluruh soal
Surabaya, 28 Mei 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Bidang Studi
……………………. DIANA ROHMAWATI
NIP. NIM. D07210016
No comments:
Post a Comment